Memantik Perdamaian di Ambon Lewat Film “Provokator Damai”

 

Rifky Husain, pembuat film “Provokator Damai”

Rifky Husain, pembuat film “Provokator Damai”

 

JAKARTA, KabarKampus – Film “Provokator Damai” telah membuktikan bahwa masyarakat Ambon merindukan perdamaian. Situasi dimana mereka hidup rukun berdampingan sebelum terjadi konflik pada tahun 1999.

Hal itu terlihat dari sambutan yang diberikan masyarakat atau keturunan Ambon setelah menonton film dokumenter karyanya berjudul  “Provokator Damai” dalam kegiatan Festival Orang Basudara di Goethe Haus Institut, Jakarta, Senin malam, (10/03/2014). Bahkan terdapat penonton yang menangis melihat film tersebut.

Film berdurasi 28 menit ini dibuat Rifky, mahasiswa Jurnalistik IAIN Ambon, bersama teman satu kelasnya Ali Madi Salay. Film ini menceritakan kisah keluarga muslim yang hidup di tengah perkampungan kristen, begitu sebaliknya keluarga kristen yang hidup di tengah perkampungan muslim.

Rifky menjelaskan, kalau dahulu ia yang seorang muslim bisa tinggal bersama orang kristen dengan rukun. Kemudian karena konflik tahun 99 lalu, ia dan keluarganya harus pindah ke kampung lain.

“Saya rindu saat-saat itu. Dan film ini soal kerinduan dan nostalgia masyarakat Ambon hidup rukun sebelum konflik tahun 99 lalu,” kata Rifki yang juga aktivis Pers Mahasiswa LINTAS ini.

Menurut Rifky setelah film ini ditonton, banyak masyarakat Ambon yang mengeluarkan isi hatinya. Mereka mengatakan rindu dan cinta dengan Ambon di masa dulu.

“Mereka yang sebelumnya belum berani bicara, melihat film ini berani mengungkapkannya,” kata Rifky.

Film ini sendiri merupakan film yang finalis kompetisi Eagle Award 2013. Lewat filmnya ini Rifky berharap bisa pemantik kecil perdamaian di Ambon.

One response to “Memantik Perdamaian di Ambon Lewat Film “Provokator Damai”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s